Geomembrane

Geomembrane | Didalam proses kontruksi baik untuk gedung dan jalan dibutuhkan banyak sekali material yang dapat mendukung kelancaran proses pembangunan apalagi yang berhubungan dengan tanah dan air. Dibutuhkan material khusus yang dapat membantu proses kontruksi agar tidak terganggu dikemudian hari nya setelah proses pekerjaan konstruksi selesai.

Distributor Geomembrane
Distributor Geomembrane

Salah satu material yang digunakan didalam dunia konstruksi adalah material geomembrane dimana kegunaan dan fungsi material ini cukup berperan penting. Geomembrane adalah permeabilitas membran atau penghalang membran sintetis yang sangat rendah yang digunakan dengan material yang terkait rekayasa geoteknik apa pun untuk mengontrol migrasi fluida dalam proyek, struktur, atau sistem buatan manusia.

Kata geomembrane juga secara teratur digunakan untuk penahanan dari berbahaya cairan yang dapat mencemari tanah atau sekitar struktur jika tidak terdapat dengan benar. Material Geomembran adalah salah satu jenis material Geosintetik yang berfungsi sebagai lapis kedap air yang terbuat dari bahan sintetik semacam plastik. Bahan bakunya adalah lembaran plastik berbahan baku HDPE / LLDPE / PVC, dll.

Secara fungsi, material dan tujuan penggunaannya material Geomembrane terdiri dari 3 jenis yang diklasifikasikan:

  1. HDPE Geomembrane, material geomembrane ini berbahan baku HDPE (High Density Polyethylene). Material ini tersedia dalam berapa pilihan ketebalan 0,5 mm ; 0,75 mm ; 1,0 mm ; 1,5 mm ; 2,0 mm, sampai dengan 2,5 mm.
  2. LLDPE Geomembrane.
  3. Geomenbrane PVC adalah lapisan kedap air dari bahan baku PVC. Dengan impermeabilitas tinggi dan homogen, tahan terhadap ultra violet dan tahan kuat terhadap chemical sehingga sangat cocok untuk lapisan kolam tampung limbah.

Ada penggunaan dan fungsi material geomembran yang saat ini banyak diaplikasikan untuk dunia konstruksi antara lain:

  • Berfungsi sebagai lapisan kedap untuk memisahkan material padat maupun cairan yang berupa limbah maupun bukan limbah dengan sifatnya yang kedap akan dapat membuat tanah dasar dibawahnya tetap terjaga, tidak tercemari.
  • Untuk aplikasi konstruksi jalan, material geomembrane dapat digunakan untuk lapisan tanah dasar yang berair (memiliki mata air) yang sulit kering. Geomembrane berfungsi sebagai separator dan juga lapis kedap sehingga timbunan tanah bagus / timbunan perkerasan diatasnya menjadi terjaga dan tidak terganggu dari air maupun tanah lunak yang mendesak ke atas.
  • Mencegah air tambak berkurang akibat pasang surut air laut sehingga menjaga kelangsungan hidup ikan maupun udang yang dibudidayakan. Selain itu penggunaan material geomembrane dapat menstabilkan kadar air tanah yang disebabkan oleh tingkat fluktuasi. Dan mengurangi masalah ketidakstabilan tanah yang disebabkan karena kondisi tanah terlalu basah atau terlalu kering.

Masih banyak lagi fungsi dan kegunaan dari Geomembrane ini didalam dunia konstruksi, yang pasti sebelum anda membeli material geomembrane ada baiknya mengecek kualitas dari produk tersebut terlebih dahulu.